• Mon. Sep 20th, 2021

Setiap orang pasti ingin memiliki kemampuan atau Skill dalam ber Multi bahasa, tidak perlu untuk berfikir terlalu jauh tentang apa Itu Multi Bahasa.

Multi bahasa dalam arti yang sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat berbicara ataupun memahami bahasa lebih dari 1 bahasa. Contohnya saja orang Indonesia yang pandai berbahasa Inggris.

Dalam Era Globalisasi seperti ini Skill atau kemampuan seseorang untuk dapat berbicara dan paham tentang berbahasa Inggris sangat lah  di butuhkan, apalagi dalam dunia kerja. hal itu karena perusahaan pada era industri 4.0 memiliki standar yaitu karyawan harus memiliki skill yaitu pandai berbahasa Inggris, tidak usah terlalu jauh untuk masuk ke dunia kerja jika kamu ingin melihat bagaimana  skill bahasa Inggris sangat di perlukan, contoh lainnya adalah jika kamu sedang berlibur ke Bali disitu kamu pasti akan menjumpai berbagai warga negara asing dan pengalaman saya waktu itu adalah mereka menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan penduduk asli yang ada  di Bali , Bagaimana menurut mu? Mereka para penduduk asli yang ada di Bali mau tidak mau harus ikut berkembang dan mereka tentunya di tuntut harus paham dengan bahasa Inggris dan juga demi kelancaran dalam berkomunikasi dengan WNA tersebut bukan, Berat Bukan?

Yaa, bahasa Inggris pada era globalisasi seperti sekarang ini dijadikan sebagai bahasa internasional demi kelancaran dalam berkomunikasi , seluruh penduduk di dunia hampir seluruh nya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi di samping bahasa negara mereka sendiri.

Skill berbahasa Inggris juga di butuhkan loh sebagai bekal untuk terjun ke dalam dunia kerja.hal ini menjadi bekal untuk dapat bersaing pada era seperti sekarang ini, seperti yang di ketahui minat dan juga skill masyarakat Indonesia dalam berbahasa Inggris sangatlah minim di bandingkan dengan negara maju dan berkembang lainnya seperti Malaysia dan Singapura.

Mengapa Demikian? Tentu saja faktor nya adalah mindset yang sudah tertanam dalam benak mereka adalah bahasa Inggris itu adalah bahasa yang sulit untuk di mengerti,faktor utama sebagai pendukung nya adalah mereka menganggap bahwa bahasa Inggris itu ” gak penting” di gunakan sebagai bahasa sehari-hari. Di samping mereka lebih nyaman dan juga lebih mudah menggunakan bahasa Indonesia dan juga bahasa daerah mereka masing-masing dalam berkomunikasi sehari-hari.

Untuk dapat menumbuhkan skill dalam berbahasa Inggris tentu perlu waktu bukan? Menurut konsep yang saya penah ikuti adalah ” Semua Butuh Proses” , dalam arti yang luas semua tidak ada  yang instan, jika anda adalah salah satu orang yang ingin memulai untuk menumbuhkan skill berbahasa Inggris anda tidak perlu berfikir keras untuk melampaui tingkat kemampuan orang lain yang sudah mahir, lihat lah diri anda belajar lah dari hal yang kecil dahulu misalnya dalam kehidupan sehari-hari anda, mulai lah berkomunikasi dengan keluarga atau teman-teman anda menggunakan bahasa Inggris, jika anda menerapkan hal ini selama 6 bulan saja pasti conversation anda akan lebih lancar.

Perusahaan pada zaman sekarang ini mengedepankan skill berbahasa Inggris di samping skill lainnnya, hal itu di karenakan banyak perusahaan asing yang menanam saham di Indonesia, dalam rapat dengan para klien perusahaan asing kita juga perlu berkomunikasi bukan?, Memang nya kita berkomunikasi dengan orang dari negara lain menggunakan bahasa kita sendiri-sendiri ? Tentu saja tidak, jika hal itu terjadi maka ada kesalah pahaman  dalam berkomunikasi .

Maka dari itu bahasa Inggris di butuhkan sebagai bahasa internasional sebagai bahasa untuk berkomunikasi yang menyatukan  orang-orang dari seluruh dunia .

dari hal tersebut banyak masyarakat Indonesia juga ber argumen bahwa bahasa Inggris hanyalah di gunakan untuk masyarakat golongan atas ( orang-orang penting saja ) seperti para pejabat negara untuk keperluan hal diplomasi misalnya. Tentu saja argumen ini sangat salah, bahasa Inggris dengan keberadaan nya sebagai bahasa internasional, tentu selalu loyal di pakai oleh siapapun dan dari kalangan manapun, yang penting  cara penggunaannya saja yang harus benar.

Kesimpulannya adalah Skill berbahasa Inggris diperlukan untuk masa depan kita karena sebagai bekal untuk terjun ke dalam dunia kerja dan juga sebagai bentuk ke ikut sertaan kita dalam mendukung era globalisasi seperti sekarang ini, jadi sekarang ubahlah argumen anda bahwa  bahasa Inggris itu “Gak Penting”….

BY : FIRDZA RIZQINA AMALIA from SMAN 1 BANDAR LAMPUNG ✨

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *