• Tue. Sep 21st, 2021

Sudah sejak lama, Bahasa Inggris sudah ditambahkan dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah – sekolah di Indonesia. Bahkan sekarang, Bahasa Inggris dimasukkan kedalam salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam SBMPTN dari banyaknya mata pelajaran lainnya. Sekarang juga tak sedikit sekolah Internasional yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa penting dalam komunikasinya sehari – hari.

Adapun, beberapa sekolah yang sudah menerapkan pertukaran pelajar ke luar negeri guna memperluas ilmu pengetahuan dan cara pembelajaran. Hal ini bisa saja semakin berkembang di masa yang akan mendatang, jika, sudah banyak pelajar yang mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Ingin masuk perguruan tinggi, ujian masuknya salah satunya adalah Bahasa Inggris atau nilai yang diambil salah satunya adalah Bahasa Inggris. Lantas, apakah benar Bahasa Inggris sudah sepenting pelajaran Matematika? Yang mana kita ketahui, Matematika adalah ilmu dasar yang dari taman kanak – kanak pun sudah kita pelajari.

Sekarang, orang tua pun tidak hanya mendorong anaknya untuk bisa Matematika saja, akan tetapi orang tua juga mendorong anaknya untuk bisa berbahasa Inggris, menurut mereka Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat berguna di masa yang akan mendatang.

Sudah banyak kursus ataupun saluran video di Youtube yang khusus mempelajari bahasa yang satu ini. Penontonnya pun tidak sedikit, ada berjuta – juta orang yang mau dan tertarik untuk menonton. Ini menunjukkan, Bahasa Inggris bukan hanya sekedar mata pelajaran biasa, banyak orang berlomba – lomba untuk bisa berbiacara bahasa ini dengan baik.

Menurut riset pula, satu dari lima orang dapat memahami Bahasa Inggris. Bahkan, dikatakan bahwa pembicara Bahasa Inggris yang bahasa dari negara asalnya bukan Bahasa Inggris, lebih banyak, daripada mereka yang memang berbicara Inggris dari lahir.

Pernahkah kamu perhatikan, jika banyak ilmu pengetahuan yang menggunakan Bahasa Inggris dalam penulisannya? Jika kita lihat, orang – orang sudah mulai banyak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa dalam penyampainnya guna menarik pembaca yang lebih luas, yang mana ini sejalan dengan pembaca yang juga menjadikan Inggris sebagai bahasa kedua yang mereka pelajari selain bahasa ibu.

Dengan begitu, jika kita bisa memahami Bahasa Inggris, kita dapat memperluas ilmu pengetahuan kita termasuk Matematika,kita bisa belajar segala sesuatu dari berbagai dunia, karena semua banyak tertulis dalam Bahasa Inggris. Selain itu, banyak juga pengetahuan yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kita geluti nanti. Misalkan jika kita seorang dokter bedah, dan butuh video yang membahas dan mempraktekan langsung pembedahannya, kita dapat menemukan banyak hal seperti itu di Yotube yang tentunya menggunakan Bahasa Inggris.

Selain itu, ada pekerjaan yang menggunakan Bahasa Inggris untuk menamai hal – hal yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Misalnya dalam hal pemrograman, baisanya baha pemrograman mengguanakan Bahasa Inggris sebagai bahasanya. Dan membuat para programming harus bisa memahami Bahasa Inggris terlebih dahulu agar lebih mudah dalam pekerjaannya.

Kita juga pasti pernah bermimpi tentang bekerja di luar negeri, dengan kemampuan Bahasa Inggris yang kita punya, tentu akan lebih mudah mendapatkannya. Riset menunjukkan, ada 53 negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, dengan demikian, cukup banyak perusahaan dari mancanegara yang dapat kita pilih sebagai opsi jika kita hanya berbekal Bahasa Inggris.

Dalam hal penjualaan produk, tidak menutup kemungkinan, dengan berkembangnya zaman, semakin berkembangnya teknologi, kita bisa saja memperluas pasar hingga mancanegara, dengan begitu dalam memasarkan produk juga kita sebaiknya menggunakan Bahasa Inggris dalam memasarkannya bukan? Semakin luas, maka akan semakin banyak keuntungan yang kita dapat.

Saat kita ingin menimba ilmu ke luar negeri, salah satu persyaratan yang paling banyak diminta oleh Universitas luar negeri adalah kelancaran dalam berbahasa Inggris. Jika Matematika adalah salah saatu ilmu utama dalam menunjang pembelajaran kita di luar negeri, maka Bahasa Inggris adalah alat komunikasi utama agar kita lebih mudah beradaptasi di sana.

Juga, pernahkah kita bermimpi untuk keluar negeri mungkin hanya untuk liburan atau traveling? Siapa yang tahu jika dimasa mendatang kita dapat berkunjung ke luar negeri, dan dengan kemampuan kita dalam Bahasa Inggris tentu akan lebih mudah untuk kita berwisata di luar negeri, karena seperti yang dikatakan, banyak warga di dunia yang sudah bisa berbahasa Inggris.

Banyak pula orang Indonesia yang sudah sadar bahwa dengan berbahasa Inggris dapat meraih keuntungan yang lebih banyak, terutama bagi konten kreator.

Bukan hanya menargetkan penonton dari Indonesia saja, sudah banyak orang Indonesia menggunakan Bahasa Inggris dan tentunya menargetkan penonton dari luar negeri. Dan hal ini cukup efektif apalagi untuk kita yang suka membuat konten yang kreatif,  atau ketika kita merasa kekurangan peminat dalam negeri, bisa saja kita memperluas jangkauan penonton hingga luar negeri.

Atau kita bisa juga sebagai konten kreator melakukan kolaborasi dengan orang dari laur negeri dan tentunya kita dapat belajar banyak dari mereka, begitu pun sebaliknya. Akan lebih mudah bagi kita jika komunikasi yang kita lakukan sama – sama menggunakan Bahasa Inggris. Dengan kata lain, dengan berbahasa Inggris kita akan lebih mudah dalam menemukan orang baru yang berarti kita memperluas relasi.

Tahukah kamu bahwa Bahasa Inggris juga menunjang kemajuan ekonomi suatu negara? Mengapa? Karena jika suatu negara yang warganya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, ini menunjukkan bahwa relasi negara tersebut sudah luas, dan ini berbanding lurus dengan penghasilan negara yang mana semakin luas pasar maka semakin banyak pendapatan.

Dengan suatu negara yang warganya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, maka informasi global, bisnis Internasional, teknologi dari luar, dengan mudah masuk ke dalam suatu negara yang membuat negara tersebut dapat mengikuti perkembangan di dunia.

Kemajuan negara, tak luput dari tingkat pendidikan negara itu sendiri. Dengan memahami Bahasa Inggris, pendidikan dapat lebih maju dengan cara kita mencari informasi bagaimana cara pembelajaran, atau bahan ajar dari berbagai video atau artikel yang tersedia dengan Bahasa Inggris, sehingga para pelajar tetap dapat memperluas ilmu dan wawasan mereka.

Jadi, jika ada yang bilang Matematika atau mata pelajaran dasar lainnya adalah hal yang penting, maka sekarang, Bahasa Inggris adalah hal kedua yang terpenting. Ketika zaman semakin berkembang, penggunaan Bahasa Inggris juga akan meluas, dan tidak menutup kemungkinan, Indonesia juga akan semakin banyak orang menggunakan Bahasa Inggris, terutama dalam hal pekerjaan.

Selain itu, Bahasa Inggris juga berperan penting dalam meluaskan wawasan kita sehingga kita dapat berkembang dan mempunyai pemahaman yang luas, yang mana, ini sangat menunjang kita menghadapi masa yang akan datang. Bukan hanya menunjang masa depan sendiri, hal ini juga dapat menunjang masa depan negara.

BY : NABILA AYU LESTARI ( X MIPA 1 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *