• Wed. Jun 29th, 2022

Smansa Memperingati Hari Guru Nasional

Seluruh warga SMAN 1 Bandar Lampung memberikan penghormatan kepada guru melalui Hari Guru Nasional yang selalu diperingati pada 25 November. Bedasarkan Keputusan Presiden No. 78 Tahun 1994, sejarah Hari Guru Nasional berkaitan erat dengan perjuangan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dalam mengupayakan pendidikan untuk masyarakat sejak zaman kolonial Belanda.

Pada Kamis, 25 November 2021, SMAN 1 Bandar Lampung mengadakan upacara peringatan Hari Guru Nasional sebagai bentuk mengenang, menghargai, dan mengapresiasi jasa para guru yang telah memberikan ilmu kepada masyarakat luas, karena guru adalah pilar dari pendidikan dan sering disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

Sambutan Kepala SMAN 1 Bandar Lampung Bapak Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M.Pd

Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional di SMAN 1 Bandar Lampung berjalan dengan khidmat. Hal ini sesuai dengan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk menyelanggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 pada 25 November 2021 pukul 08.00 WIB secara tatap muka terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Tema Hari Guru Nasional 2021 yaitu, “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Kepala SMAN 1 Bandar Lampung, Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M.Pd, menyampaikan isi pidato Mendikbud untuk Hari Guru Nasional Tahun 2021 saat upacara berlangsung. Ada beberapa poin penting dari isi pidato Mendikbud yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Bandar Lampung, diantaranya guru dituntut beradaptasi agar tetap bisa memberikan pelayanan pendidikan terbaik untuk siswa, guru di masa pandemi tetap semangat berjuang dan pantang berpatah arang, serta memberikan guru kemerdekaan untuk berinovasi.

Tak lupa, segenap peserta upacara di SMAN 1 Bandar Lampung juga menyanyikan Hymne Guru dan Terima Kasihku pada penghujung upacara, hal ini dilakukan untuk lebih memaknai jasa para guru di Hari Guru Nasional. Ada pula pembacaan sebuah puisi oleh siswi XII MIPA 2, Nabila Putri, yang membuat suasana lebih mengharukan.

Sesi Foto Bersama Guru SMAN 1 Bandar Lampung Mengenakan Pakaian Adat Nusantara
Sesi Foto Bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung

Selain upacara, ada kegiatan lain yang diselenggarakan di SMAN 1 Bandar Lampung, seperti bazar makanan yang diikuti oleh seluruh siswa dari kelas X hingga XII dan beberapa lomba seperti T-Three yang mencakup tebak gaya, tebak kata, dan tebak benda untuk para guru, De ‘Vosa (The Voice Smansa) bagi para siswa dan guru, serta Estetika Kerucut atau menghias tumpeng yang diikuti oleh wali kelas dan tiga siswanya.

Menghias Tumpeng Yang Diikuti Oleh Siswa dan Wali Kelas

“Perlombaan ini dilakukan untuk memperkuat hubungan antar guru dan siswa, karena mengingat selama satu tahun terakhir kita melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan tahun ini dapat melaksanakan kegiatan kembali tentunya dengan protokol kesehatan dan jaga jarak, harapannya kegiatan seperti ini dapat membuat siswa menjadi kreatif, aktif, dan inovatif,” ucap Ketua Pelaksana Lomba, M. Riski Pratama.

Daftar Pemenang Perlombaan:

T-Three

  • Biologi
  • PKWU & Ekonomi
  • PPKn
  • PJOK

De ‘Vosa

  1. XII IPS 1
  2. XII IPS 2
  3. XII MIPA 2

Estetika Kerucut

  1. XI MIPA 5
  2. X IPS 1
  3. XII IPS 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *