• Mon. Jun 27th, 2022

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS Periode 2021/2022

Byadmin Smansa

Dec 15, 2021

SMAN 1 Bandar Lampung mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ). Latihan Dasar Kepemimpinan itu sendiri ialah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.

LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk LDK Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIS, dan Kepala Sekolah.

Kegiatan dimulai dengan Upacara Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Sambutan dari Kepala SMAN 1 Bandar Lampung Bapak Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M.Pd sekaligus membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan, setelah itu Pemasangan Atribut Latihan Dasar Kepemimpinan secara simbolis yang diwakili oleh Ketua OSIS M. Adziez dan Ketua MPK Jihan Febiika, lalu dilanjutkan dengan Pengisian Materi yang disampaikan oleh Dewan Guru, Kepala Sekolah dan Pemateri Undangan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 Hari mulai dari tanggal 15 – 17 Desember 2021.

Seluruh warga SMAN 1 Bandar Lampung berharap meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun tidak mengurangi makna dari LDK itu. latihan ini juga tetap bisa mengajarkan bagaimana menjadi seseorang pemimpin yang baik dan bijaksana dalam mengambil keputusan dalam sebuah organisasi tanpa mencampur adukkan dengan masalah pribadi masing masing, managemen OSIS bagaimana seorang pemimpin memecahkan masalah dalam sebuah organisasi dengan rasa kekeluargaan tanpa mementingkan ego masing masing melalui musyawarah bersama. Tidak hanya belajar tentang organisasi, tetapi juga diajarkan arti kebersamaan dan kekeluargaan melalui kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *