• Sun. Aug 14th, 2022

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah | SMA Negeri 1 Bandar Lampung

Byadmin Smansa

Jul 22, 2022

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah:

  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Kemarin, SMA Negeri 1 Bandar Lampung melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) tahun ajaran 2022/2023. tak hanya untuk siswa baru saja, tetapi SMA Negeri 1 juga melaksanakan kegiatan ini untuk siswa- siswi kelas XI yaitu Masa Orientasi Bela Negara Siswa ( MOBS ) dan kelas XII Masa Orientasi Prestasi Siswa ( MOPS ) selama 3 hari dimulai tanggal 18 – 20 juli 2022.

HARI PERTAMA DAN HARI KEDUA

Dihari pertama, para peserta MPLS, MOBS dan MOPS melakukan upacara pembukaan. Upacara pembukaan kegiatan MPLS, MOBS dan MOPS ini diawali dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu indonesia raya.

Dan dilanjutkan dengan sambutan pembina upacara Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M. Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Bandar Lampung sekaligus membuka acara kegiatan MPLS, MOBS dan MOPS secara resmi dengan pemukulan gong dan pengalungan tanda peserta kegiatan.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi. Masing-masing kelas diberikan materi yang berbeda mulai dari motivasi dan semangat belajar yang disampaikan oleh psikolog, peraturan baris berbaris yang disampaikan oleh koramil 410-5/TKP, penjelasan tentang wawasan wiyata mandala dan visi misi serta program sekolah dari guru guru SMA Negeri 1 Bandar Lampung, materi tentang narkotika, psikotropika dan zat adiktif ( NARKOBA ) dari Badan Narkotika Nasional ( BNN ) Prov. Lampung, keselamatan berlalu lintas dan kenakalan remaja yang disampaikan oleh Polsek Tanjung Karang Barat, serta materi tata tertib sekolah dan akhlak dan karakter profil pelajar pancasila. Materi ini disampaikan sampai hari kedua dengan jadwal yang berbeda untuk masing-masing kelas.

HARI KETIGA

Dihari ketiga, kegiatan diawali dengan apel pagi dan penaikan bendera lalu dilanjutkan dengan pengenalan seluruh warga sekolah mulai dari guru dan karyawan SMA Negeri 1 Bandar lampung.

Kemudian, kegiatan ini dilanjutkan dengan parade ektrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler sendiri adalah wadah pengembangan potensi peserta didik yang dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Peserta didik diharapkan dapat mengembangkan karakter profil Pelajar Pancasila yaitu : (1) berkebhinekaan global, (2) bergotong royong, (3) kreatif, (4) bernalar kritis, (5) mandiri, dan (6) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. SMA Negeri 1 Bandar Lampung memiliki banyak bidang ekstrakulikuler, dengan adanya parade ekstrakulikuler ini siswa siswi dapat bergabung untuk pengembangan minat dan bakat, untuk memperluas pengalaman bersosialisasi, praktik keterampilan berkomunikasi, dan internalisasi nilai-nilai karakter. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *